pertemuan ke 3

Ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan saat mendesain seluler, sebagaian besar waktu habis pada aplikasi dan situs web nya. Untuk mengetahui aplikasi yang bagus dan aplikasi yang buruk biasanya terletak pada kualitas pengalaman penggunanya (UX). UX yangbaik adalah yang membedakan aplikasi yang sukses dari yang tidak berhasil. Dan jika berhasil harus mempertimbangkan UX bukan hanya sebagai aspek kecil dari desain, tetapi juga komponen penting dari strategi. Berikut hal yang harus di pertimbangkan saat mendesain seluler adalah :

Minimalkan beban kognitif, beban disini mengacu pada jumlah kekuatan otak yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi. Otak manusia memiliki kekuatan pemrosesan yang terbatas dan ketika sebuah aplikasi memberikan terlalu banyak informasi.

Decluttering, clutter adalah salah satu musuh terburuk dari desain yang bagus. Setiap tombol, gambar, dan icon yang ditambahkan membuatnya semakin lebih rumit. Teknik fungsional dapat membantu mengatasi masalah UI yang berantakan adalah ; menjaga konten seminimal mungkin ( berikan pengguna hanya apa yang perlu mereka ketahui), minimal kan elemen antarmuka, desain sederhana akan membuat pengguna merasa nyaman dengan produk.

Offload Tasks, mencari apapun dalam desain yang membutuhkan upaya pengguna dalam memasukkan data, membuat keputusan, dll. Misalnya, dalam beberapa kasus, Anda apat menggunakan kembali data yang dimasukkan sebelumnya daripada meminta pengguna untuk mengetik lebih banyak, atau menggunakan informasi yang sudah tersedia untuk menyetel default cerdas.

Break Tasks Into Bite-Sized Chunks, dalam pembagian subtugas ini sangat penting dalam desain seluler, karena dengan dibuatnya subtugas tidak membuat banyak kerumitan bagi pengguna pada satu waktu.

penggabungan juga dapat membantu menghubungkan dua aktivitas berbeda. Ketika aliran disajikan sebagai sejumlah langkah yang secara logis terhubung satu sama lain, pengguna dapat lebih mudah melanjutkannya.

Menggunakan layar yang dikenal

Minimalkan input pengguna berikut adalah bebrapa rekomendasi untuk mempermudah proses ini :

a. Dengan membuat formulir sesingkat mungkin dengan menghapus bidang yang tidak perlu.

b. Field masking adalah Teknik yang membantu pengguna memformat teks yang dimasukkan.

a. Menggunakan fitur pintar seperti pelengkapan otomatis.

b. Memvalidasi nilai bidang secara dinamis.

Antisipasi kebutuhan pengguna.

Menggunakan bobot visual untuk menyampaikan kepentingan

Hindari jargon, komunikasi yang jelas harus selalu menjadi prioritas utama di aplikasi seluler apa pun.

Buat desainnya konsisten, mengenai aplikasi seluler, konsistensi berarti sebagai berikut

a. Konsistensi visual, jenis huruf, tombol dan label harus konsisten diseluruh aplikasi.

b. Konsistensi fungsional elemen interaktif harus berfungsi serupa di semua bagian aplikasi.

c. Konsistensi eksternal desain harus konsisten di berbagai produk.

175410079-Durrotul Karimah Khomsah-Perancangan Antar Muka-STMIK Akakom Yogyakarta